Tempat Terekstrim

1. Titik Tertinggi: Mount Everest 8.848 Meter
Kalo yang ini agan pasti udah tau. Mount everest adalah gunung tertinggi di Asia sekaligus tertinggi di dunia! Puncak tertingginya ada di Qomolangma, Tibet. Di titik tertinggi Everest ini terdapat sebuah zona bernama "Death Zone". Di zona ini pendaki akan disuguhi suhu yang sangat dingin, tekanan udara yang sangat rendah dan tingkat oksigen yang sedikit!

2. Tempat Berelevasi Terendah di Muka Bumi 1,385 ft (422 mt) di bawah permukaan laut: Dead Sea (Jordan)
Dead Sea atau laut mati adalah titik terendah di Asia sekaligus titik terendah di daratan di muka bumi (bukan didalam laut/gua). Keunikan Dead Sea ini adalah tingkat garam yang begitu luar biasa tinggi (bahkan lebih tinggi dari Lake Assal) yang membuat didalamnya sama sekali tidak ada kehidupan. Akibat garam itu pula, pantainya terbentuk banyak batu garam dan orang dapat mengapung sangat mudah di airnya. Danau ini terdapat di perbatasan Israel dan Yordania

3. Tempat Terpanas: Al'Aziziyah 57.8 °C
Al Aziziyah adalah sebuah distrik di Libya yang terkenal dengan Gurun Saharanya... Suhu terpanas yang pernah terukur adalah 57.8 celcius! Dan itu merupakan suhu terpanas yang pernah diukur di permukaan bumi (bukan didalam gua, atau di dalam kawah berapi

4. Tempat Terdingin: Vostok Station -89.2 °C
Vostok Station adalah stasiun penelitian milik orang Russia. Anehnya, mereka memilih tempat terdingin di Antartika dan tempat terdingin di dunia sebagai stasiun mereka! -89.2 celcius ini terukur pada tahun 1983

5. Tempat terbasah: Mawsynram, India, dan Pegunungan Waialeale di Kauai, Hawaii.
Pada ekstrem lain, kita memiliki tempat terbasah di Bumi. Banyak orang akan mengatakan itu Lloro, Columbia dengan 523,6 inci per tahun. Namun, menurut NCDC (National Climatic Data Center), bahwa pengukuran hanya merupakan perkiraan dan yang sebenarnya tempat terbasah di Bumi cukup dekat antara Mawsynram, India dan pegunungan Waialeale di Kauai, Hawaii. Mawsynram adalah sebuah desa di Utara-Timur India. Ketinggiannya sekitar 4.600 meter dan curah hujan rata-rata tertinggi adalah sekitar 467 inci. Mt. Waialeale di Kauai memiliki ketinggian sekitar 5.200 kaki dengan rata-rata tahunan presipitasi 444 inci. Tertinggi, menurut NCDC adalah 460 inci.

6. Tempat Terkering: Gurun Atacama
Gurun Atacama ini mudah dianggap sebagai tempat terkering di Bumi. Dengan curah hujan rata-rata hanya 0:04 inci per tahun, hujan adalah komoditas yang langka. Beberapa wilayah di gurun tidak melaporkan adanya hujan sejak 1570! Tidak hanya kering Gurun Atacama juga besar besar Jadi (46,000 mil persegi) yang dapat dilihat dari luar angkasa dengan mata telanjang. Citra Solar penguapan kolam di Gurun Atacama diambil oleh Ekspedisi 19 awak, kembali Mei 2009, ketika mereka naik Stasiun Luar Angkasa Internasional.

7. Tempat Vertical Tertinggi di Muka Bumi: Mount Thor (Canada)
Gunung Thor, di Auyuittuq Taman Nasional di Pulau Baffin, Nunavut, Kanada, merupakan tempat vertikal tertinggi yaitu 4.100 kaki. Gunung Thor adalah puncak paling terkenal di Kanada, dan itu murni dari granit. Tempat ini favorit para pencari sensasi dan pendaki. Gunung Thor dinaiki pertama kali pada tahun 1953 oleh Institut Kutub Utara Amerika Utara tim. Ada beberapa ekspedisi rappel baru-baru ini, dengan satu kematian pada tahun 2006.

8. Titik Terendah di Muka Bumi 35,840 kaki (10,924 m) di bawah permukaan laut: Marianas
Trench (Indonesia and Japan)

Challenger Deep di Palung Mariana (atau Marianas Trench) adalah titik terdalam di lautan bumi. Dalamnya adalah 10.924 meter (35.840 kaki) di bawah permukaan laut. Satu-satunya orang yang pernah dieksplorasi di paung ini adalah Jacques Piccard dan Don Walsh. Di bagian bawah mereka tujuh mil ke bawah dan di sekeliling mereka dengan delapan ton tekanan air. Mereka mengamati ikan, udang dan makhluk lainnya hidup di bawah dasar laut.

9. Air Terjun Tertinggi 3230 kaki (984 m): Angels Falls (Venezuela)
Angel Falls (Salto Ángel) di Venezuela adalah air terjun tertinggi di dunia. Air terjun yang tingginya 3.230 terletak di sebuah anak sungai Rio Caroni. Air terjun terbentuk saat arus sungai jatuh dari puncak Auyantepui yang ketinggian sangat menabjubkan.

10. Pulau Berpenghuni Paling Terisolasi di Bumi Berjarak 2,000 mil dari Continent Terdekat: Tristan de Cunha (UK)
Kelompok pulau berpenghuni terpencil di dunia, Tristan de Cunha di selatan Samudera Atlantik, adalah pulau yang sangat kecil, dan tidak memiliki landasan. Rumah untuk 272 orang dibagi terdiri dari 8 nama keluarga, penduduk disana turun-temurun menderita keluhan seperti asma dan glaukoma. Penduduk pulau memiliki kode pos dan bahasa Inggris, sementara mereka dapat memesan barang secara online, dibutuhkan waktu yang sangat lama untuk pesanan mereka datang.

Sumber :
http://www.wiki4you.co.cc/2010/07/tempat-tempat-terekstrim-di-setiap-7.html
http://inimu.com/bebas/2010/02/28/fotovideo-tempat-dengan-cuaca-paling-ekstrim-di-dunia/
http://ceriwis.us/showthread.php?t=7040

Komentar